Jumat, 01 Maret 2019

Tidak Tahu

Kita sering mulai merasa aneh saat sudah tahu tentang sesuatu. Merasa bersalah karena kita tahu mana yang benar. Merasa aneh karena kita tahun mana hal yang sebenarnya dilakukan atau lazim dilakukan.
Tapi menurutku, menjadi orang yang tidak tahu dan tidak ingin tahu itu lebih nyaman dibandingkan dengan menjadi orang yang banyak menanyakan.
Meskipun rasa penasaranku itu sebenarnya sangat tinggi, sampai seringkali orang salah mempersepsikan kenapa aku harus bertanya.

Lama asyik sendiri

********************************************************************

Rasa ingin tahu itu sebenarnya bagus. Tapi karena khawatir disalah artikan, jadi silahkan dibatas-batasi ya. Terkadang, menutupi rasa ingin tahu & menjadi orang yang tidak tahu / tidak mau bertanya memang lebih nyaman dibandingkan sebaliknya. Karena tadi, kalau kita mau tahu karena ada pemancingnya ataaupun udah tahu ada sesuatu malah timbul rasa yang aneh-aneh. Ada rasa peduli, bahagia, nyesal, kesal, rasa ingin tahu selanjutnya dan sebagainya.

********************************************************************

Salah satu caraku untuk menutupi rasa ingin tahu/prasangka itu adalah mengalihkan pendengaran dan penglihatan. Mengalihkan pendengaran itu seringkali kulakukan dengan menggunakan earphone/headset untuk mendengarkan suara-suara yang intinya agar aku tidak mendengarkan informasi atau pembicaraan yang justru menjebakku berprasangka aneh-aneh, berfikiran aneh-aneh ( gak penting sebenarnya). Sekalipun menggunakan headset buat mendengarkan lagu itu kurang disukai. Tapi mau gimana ya? Tutup kuping pake tangan?
Nah, kalau mengalihkan perhatian itu hal yang mudah. Apalagi kalau telinga udah punya makanan sendiri. Baik dia tilawah, syair, nada atau apapun itu.

********************************************************************

Dah, itu aja dulu ya
Kita punya pola pikir masing-masing
Kalau ada yang mau nyontoh ya silahkan.
Ketimbang nanya-nanya nggak jelas dan dianggap gak perlu dijawab, no respon atau bahkan malah dikatain yang lain-lain. 
Malah produksi hormon kortisol ?
Mending diam dan nikmatin hidup aja kan?
😂✌

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih.