UREGNSI
TARBIYAH ISLAMIAH
PENGERTIAN
Abdurrahman An-Nahlawi ada tiga
akar kata untuk tarbiyah. Rabaa-yarbu yang bermakna bertambah dan berkembang.
Rabiya-yarba yang bermakna tumbuh dan berkembang. Rabba-yarubbu yang bermakna
memperbaiki, mengurusi, mengatur, menjaga dan memperhatikan. Bagi gerakan yang
didirikan Hasan Al Banna, tarbiyah memiliki sedikitnya tiga makna. Ia berakar
dari kata Rabaa, Yarbuu, tumbuh. Tarbiyah menumbuhkan seseorang dari kekanakan
ruh, kekanakan akal, dan kekanankan jasad menuju kematangan dan kedewasaan.
Rabiya, Yurbii, berkembang
Kadang
juga dikenal istilah Liqo'
- Ada beberapa kata dalam bahasa
arab yang searti dan senada dengan kata tarbiyah yaitu : ziyadah
(penambahan), nas’ah (pertumbuhan), taghdiyyah (pemberian gizi), ri’ayah
(pemeliharaan) dan muhafazhah (penjagaan).
- Atau bila dilihat dari
kaidah ilmu nahwu berasal dari kata raba-yarbu (tumbuh berkembang),
rabiya-yarba (tumbuh secara alami) dan rabba-yarubbu (memperbaiki,
meningkatkan).
- Pendidikan Islam mengarahkan
kehidupan seorang muslim berkembang dan terus semakin matang. Sikap,
perilaku, dan gaya hidupnya bersifat spesifik islami yang berinteraksi
secara posiif, baik internal maupun eksternal. Sehingga ia dapat
memancarkan arus Islam si tengah-tengah lingkungannya. Ia menjadi manusia
yang tangguh yang tidak mudah diombang-ambingkan oleh berbagai arus
kehidupan yang melandanya. Tegasnya ia menjadi muslim yang muttaqin.
Ciri – ciri orang yang tarbiyah
1. kita
sudah tarbiyah jika kita terbuka terhadap perubahan
2. kita sudah
tarbiyah jika mampu bersikap tegas dan menghindarkan diri dari sikap agresif
3. kita
sudah tarbiyah jika kita menjadi pribadi yang proaktif
4. kita
sudah tarbiyah kalo sudah menjadi pribadi yang mawas diri
5.
menjadi pribadi yang mandiri, sosok yang
berperasaan, tapi tidak emosional, sanggup belajar dari
kesalahan
ALASAN
PERLU TARBIYAH : DARI ASPEK INTERNAL AJARAN ISLAM
- Ar-Rasul
membimbing umat manusia untuk keluar dari kebodohan.Dengan ciri-ciri :
kebodohan (ajahl), kehinaan (Dzillah), kemiskinan (faqr) dan perpecahan
(tanafur).
- Kondisi
umat Islam sekarang tidak memahami Islam itu sendiri sehingga akhirnya
terjebak dalam kondisi kejahiliyahan modern dengan kesesatan yang lebih
dahsyat dan nyata (QS.3:164) sehingga umat Islam berada pada tahap
pengkeroposan yang diakibatkan oleh : a). kecintaan pada dunia yang
berlebihan dan takut mati. b). saling berpecah belah c). mengkotak-kotakan
ajaran Islam d). penyimpangan ajaran Islam seperti meng-sipilis-mekan
(sekularesme,pluralisme dan liberalisme) Islam e). terbelenggu sinkritisme
berbau TBC (tahayul, bid’ah & churofat) f). meninggalkan jihad.
- Jalan
keluar dari kesesatan salah satunya melalui pembinaan yang didalamnya
diajarkan tilawah (dibaca & dibacakan), tazkiyah (pembersihan diri)
dan ta’limul kitab wal hikmah (belajar Al-qur’an dan hadits) (QS. 2:151).
Sehingga akan memperoleh nikmat yang akan mengantarkan kepada khoiru ummah
(QS.3:110) dengan ciri-ciri : berpengetahuan (ilmu), terhormat (izzah),
kekayaan (ghina) dan persaudaraan (ukhuwah).
DARI
ASPEK INDIVIDU.
- Hakikat
jiwa yang membutuhkan pembinaan (QS.91:8-10), hakikat jiwa tersebut
menghadapi persoalan : secara fitrah jiwa yang pada dirinya terdapat
kecenderungan kepada taqwa dan kecenderungan kepada dosa.
- Adanya
musuh bebuyutan (2:168-169) yang tidak hanya membuat perencanaan yang
matang tapi juga merealisasikan (5:82) yang keduanya bagian dari langkah
syetan (35: 6). Untuk menangkal serangan musuh diperlukan amal jama’i
dikalangan kaum muslimin tak akan terjadi kecuali jika didahului oleh
tarbiyah.
PERANAN
TARBIYAH DALAM KEHIDUPAN
- Peranannya dalam penerapan
system Islam.(4:65)
- Menjamin konsistensi muslim
terhadap jamaahnya. (18:28)
- Membentuk generasi Islami,
keluarga Islami dan peradaban Islami. (3:110, 2:143,3:104)
- Menumbuhkan kemakmuran yang
penuh berkah (QS 7:96).
- Mewujudkan ketentraman dan
kestabilan masyarakat.(QS.106:3-4, 89:27-28)
- Kebutuhan kemanusiaan.
- Kewajiban agama.(9:122,2:174,
17:36,58:11, 66:6)
CIRI-CIRI TARBIYAH
- Apa
yang dilakukan semata-mata mencari ridho Allah dan memakmurkan bumi dengan
aturan Allah (Rabbaniyah).
- Menggunakan
sarana dan akhlak islami (Akhlaqiyyatu al-wasa’il).
- Pembinaan
secara menyeluruh antara potensi akal, jasad dan ruh manusia (Syumuliyah)
TUJUAN TARBIYAH :
- Memahami gambaran yang jelas
mengenai Islam yang sempurna dan benar.
- Membentuk kepribadian muslim
secara utuh.
- Menumbuhkan harga diri dan
pribadi yang tidak mudah dipecah belah
- Keimanan dan ketakwaan
penduduk merupakan asas terwujudnya kemakmuran yang penuh berkah.
- Mewujudkan ketentraman dan
kestabilan masyarakat.
OUTPUT TARBIYAH
ISLAMIAH
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih.